Jenis Pekerjaan Yang Ada di Hotel

Jenis Pekerjaan Yang Ada di Hotel - Beberapa besar masyarakat mengira kalau bekerja di hotel cuma berkutat dengan pelayanan tamu di pintu depan & pelayanan kamar saja. Sementara itu, banyak klasifikasi pekerjaan yang bisa dipilih saat seseorang memutuskan untuk bekerja dalam hotel.

5 Jenis Pekerjaan Yang Ada di Hotel

Pekerjaan yang berkutat di dalam hotel mempunyai banyak bidang. Bahkan sebab terlalu banyak, beberapa antara lain jarang diketahui oleh warga. Berikut adalah macam-macam tingkah laku di hotel yang unik serta jarang orang ketahui.

1. Concierge
Concierge adalah macam pekerjaan di hotel yang sangat unik. Kalau tahu asal katanya, pekerjaan utamanya adalah pembuka pintu untuk tamu. Namun ternyata arti pembuka pintu ini pas luas. Concierge memiliki urusan yang jauh lebih beraneka ragam dari itu. Di antaranya ialah membantu tamu untuk order restoran di sekitar pesanggrahan, mencari babysitter, hingga reservasi tiket pesawat.

2. Porter
Porter adalah jenis telatah yang paling mudah terlihat dan sangat akrab secara para tamu. Tugasnya merupakan mengangkut seluruh barang bawaan tamu yang datang dan mengantarnya ke kamar. Segala informasi terkait kamar yang hendak ditempati tamu juga tetap diketahui porter untuk perkiraan pertanyaan dari tamu yang ingin mengetahui infomasi kamarnya.

3. Manajer Dapur
Tingkah laku di bidang perhotelan ternyata tidak bisa lepas daripada pelayanan makanan. Ini dikarenakan karena peran hotel yang wajib menyediakan pelayanan unggul kepada pelanggan, termasuk pada hal hidangan makan. Sambil sebab itu, pekerjaan wali dapur sangat dibutuhkan. Tugasnya untuk memantau kinerja punggung dan menyeleksi pegawai di balik baru yang masuk.

4. Purchasing
Pada bidang tata usaha, ternyata ada bagian perbuatan purchasing. Tugasnya khusus untuk memantau pembelian produk yang dibutuhkan hotel. Misalnya bakal makanan untuk hidangan tamu ataupun pembelian peralatan yang berhubungan dengan fasilitas pondok.

5. Event Planner
Sekilas bidang pekerjaan ini bukan berhubungan dengan hotel. Namun, pada beberapa hotel mengusik ke atas hingga bintang lima, event planner sangat dibutuhkan. Tugasnya lebih fokus di penggunaan hotel dari faksi luar atau pihak ke-3. Misalnya saat salah satu ruangan akan digunakan untuk daftar seminar, maka event planner wajib membantu menyukseskan kalender tersebut.

Bagi Anda yang bukan pernah berada dalam dunia perhotelan, tentu pekerjaan-pekerjaan tersebut tampak sangat asing. Namun, ongkos karyawan tetap pada masing-masing bidang pekerjaan tersebut ternyata terbilang cukup untuk menggenapi kebutuhan. Tergantung pada spesies hotel yang ditempati, bertambah mewah hotelnya tentu tambah besar gajinya.